akseswarganet – Kombinasi TUSS dan Remap ECU Bikin Performa dan Efisiensi BBM Meningkat
Provisautolab dan Rocket Plus Tuning resmi berkolaborasi dan meluncurkan inovasi baru yang mereka gambarkan sebagai solusi revolusioner untuk performa dan efisiensi kendaraan, bahkan saat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) beroktan 90 atau RON.
Dalam kolaborasi ini, formula TUSS atau Tune Up Semi Sport yang dipatenkan Provisautolab dapat dimaksimalkan melalui remap ECU (engine control unit) yang dilakukan oleh Rocket Plus Tuning. Biasanya, kombinasi remapping TUSS dan ECU sulit dilakukan.
Remap seringkali diidentikkan dengan manipulasi tabel yang ekstrim di ECU, mengabaikan umur mesin, mematikan check engine warning (DTC OFF), dan melewati SVBL. Faktanya, remap seringkali hanya meningkatkan bukaan throttle
“Namun kolaborasi antara Provisautolab dan Rocket Plus Tuning justru menghasilkan sinergi yang luar biasa.” Keduanya fokus pada peningkatan efisiensi pembakaran. “TUSS meningkatkan efisiensi mekanis, sedangkan Rocket Plus Tuning mengadaptasi tabel di ECU dengan formulasi TUSS, sehingga efisiensi pembakaran meningkat signifikan,” jelas Sarah, perwakilan Provisautolab, dalam keterangan resminya, Kamis (30/1/2025).
Kombinasi ini juga disebut-sebut berpengaruh terhadap degradasi bahan bakar. Kendaraan yang biasa menggunakan RON 98 hanya bisa menggunakan RON 90 setelah menerapkan TUSS tanpa mengalami gejala menggelitik dan tetap mempertahankan akselerasi serta mengurangi turbo lag secara signifikan.
“Ini membuktikan potensi mesin dapat dimanfaatkan dengan parameter aman melalui kombinasi remapping TUSS dan ECU Rocket Plus,” kata Sarah.
Untuk kendaraan bermesin diesel, kombinasi remapping TUSS dan ECU Rocket Plus mampu meningkatkan performa tanpa menimbulkan asap berlebih dan tetap menghemat bahan bakar.
Jika ingin performa lebih tinggi lagi, Anda bisa menambahkan komponen tambahan seperti piggyback atau turbo pengganti dengan menyesuaikan tuning map pada ECU dengan software asli untuk meningkatkan keselamatan.
Buktikan di lintasan balap
Irwan, pemilik BMW 530i yang telah menjalani servis dan remap TUSS, mengaku senang dengan performa mobil kesayangannya saat ini.
“Dulu mobil BMW saya selalu menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo (oktan 98). Setelah TUSS diisi bahan bakar beroktan 90 (Pertalite), gaya tarik awal menjadi lebih rendah dan bahan bakar lebih irit. Saat ECU Rocket Plus dipetakan ulang saat tuning, hasilnya lebih stabil, tenaga tarikan “awalnya lebih rendah, konsumsi bahan bakar lebih irit, meski masih menggunakan bahan bakar beroktan 90,” akunya.
Kombinasi TUSS dan REMAP juga diuji di trek drag race bersama Honda Brio dan Honda Jazz. Hasilnya positif karena berhasil meraih podium.
Inilah waktu terbaik untuk keduanya:
Honda Jazz:
Waktu terbaik 201M: 9,8 detik
Waktu 402M terbaik: 15,5 detik
Tenaga: 157 HP
Torsi: 176 NM (di DynoDastek)
Honda Brio (mesin L15 N/A):
Waktu terbaik 201M: 9,6 detik
Waktu 402M terbaik: 15,0 detik
Tenaga: 185 HP
Torsi: 200 NM (di DynoDastek).
Kombinasi TUSS dan Remap ECU Bikin Performa dan Efisiensi BBM Meningkat