akseswarganet – Nostalgia Kendaraan Legendaris Masa Lampau
Motor matic bermesin 2 tak mungkin terdengar aneh di telinga kita saat ini.
Sebabnya hal itu tampak bertolak belakang dengan situasi pasar saat ini.
Bisa dibilang semua motor matic baru yang beredar di Indonesia sekarang menggunakan mesin 4 tak.Meski demikian produk semacam itu pernah turut mewarnai pasar otomotif Indonesia.
Untuk saat ini produk-produk semacam itu mungkin saja masih menjadi buruan para kolektor atau mereka yang ingin bernostalgia.
Motor Matic Bermesin 2 Tak
Untuk diketahui, secara umum populasi mesin 2 tak alias 2 stroke itu sendiri memang sudah menurun di Indonesia.
Hal ini seiring tuntutan yang diberikan kepada para produsen kendaraan roda dua untuk mendesain produk ramah lingkungan.
Mereka mungkin saja masih bisa mempertahankan model motor 2 tak yang dulu dijualnya.
Namun, untuk itu biaya produksi bakal melambung tinggi demi menciptakan sistem pembuangan yang ramah lingkungan.
Makanya wajar jika kebanyakan pabrikan justru memilih menghentikan penjualan produk 2 tak.
Contoh motor dengan mesin 2 tak yang sempat terkenal dulu, di antaranya Suzuki Satria, Yamaha RX-King, Yamaha F1ZR, bahkan Vespa juga mengadopsi mesin jenis ini.
Motor-motor yang disebut barusan kebanyakan hadir dengan tipe bebek atau sport.
Namun, di luar itu sebenarnya mesin 2 tak juga pernah menempel di motor matic dari beberapa pabrikan. Untuk mengetahuinya mari simak ulasan lebih detail di bawah ini!
Honda Dio
Salah satu motor matic 2 tak yang cukup unik adalah Honda Dio. Keberadaannya terbilang langka di Indonesia karena tidak dijual langsung oleh agen pemegang merek, melainkan importir umum.
Motor matic ini hadir dengan mesin berkapasitas 50 cc. Walau kecil, tapi performanya cukup menyenangkan untuk dikendarai.
Hal ini tak lepas dari karakteristik mesin 2 tak yang terkenal lebih responsif ketimbang mesin 4 tak.
Menurut beberapa sumber, Dio yang masuk Indonesia memiliki banyak versi tergantung dari negara asalnya. Namun, semuanya menggunakan kode AF di namanya, seperti Dio AF28.
Tampilan skuter matic yang satu ini sangat unik dengan bentuk bodi lancip di bagian depannya.
Sementara itu ukuran joknya relatif kecil yang membuatnya hanya ideal untuk pengendara seorang diri.
Vespa Corsa
Skuter Vespa model-model baru saat ini memang sudah menggunakan transmisi matic. Penerapan hal itu pada produk Vespa sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu ketika Corsa masih dijual di Indonesia.
Selain menggunakan transmisi matic, model yang satu ini juga menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 122 cc.
Menurut catatan, Corsa itu sendiri dijual di Indonesia selama periode 1991 sampai 2006.
Versi awal yang dijual di Indonesia diimpor secara utuh dari Italia, tapi mulai 1994 sudah dirakit oleh PT Dan Motor Indonesia (DMI).
Mirip seperti skuter matik pada masanya, Corsa memiliki dimensi bodi yang cukup mungil. Dari samping bodinya tampak mengotak walau menggunakan lampu depan berbentuk bulat.
Nostalgia Kendaraan Legendaris Masa Lampau