Jakarta Premium Outlets Kini Buka Cabang di Alam Sutera

Akeswarganet Jakarta Premium Outlets Kini Buka Cabang di Alam Sutera

Jakarta Premium Outlets membuka cabang baru dan menggelar soft opening di Alam Sutera, Kota Tangerang, Kamis, 6 Maret 2025. Berlokasi di pinggir jalan tol yang strategis, Premium Outlet ini mengusung tema pusat perbelanjaan dunia yang ‘sustainable’.

Presiden Direktur PT Management Nusantara Indonesia

Jean Marie Pin Harry mengatakan, cabang mereka di Alam Sutera dipenuhi lebih dari 150 merek premium kelas dunia, seperti Boss, Converse, New Balance, Mango, Skechers, Adidas, dan Mark and Spancer. Bahkan, Puma disebut-sebut akan menghadirkan gerai terbesarnya di Asia.

Merek apparel asal Jerman itu, kata Jean Marie, tengah bersiap membuka gerainya bulan ini. Selain merek luar negeri, pusat perbelanjaan dunia itu juga membuka peluang bagi merek lokal yang tak kalah premium.

“Kita juga bisa melihat brand-brand internasional disandingkan dengan brand-brand lokal, dan sebentar lagi akan ada Benang Jarum, Buttonscarf, Sarinah, Jauh Mata Memandang, dan sebagainya,” kata Jean.

Oleh karena itu, ia berharap pusat perbelanjaan dunia ini menjadi destinasi wisata belanja andalan, khususnya bagi warga di wilayah Tangerang dan Jakarta. Apalagi, setiap tenant menawarkan diskon yang cukup menggiurkan.

Berdasarkan pantauan Bolapelangi, gerai Adidas memberikan diskon hingga 70 persen, Skechers memberikan diskon karena sedang ada warehouse sale, dan memberikan diskon untuk brand lainnya hingga 45 persen. Ratusan pengunjung pun memadati Premium Outlet yang terdiri dari tiga lantai tersebut.

“Ini semua hasil kerja keras kita selama ini, tetapi hasilnya bisa kita lihat hari ini. Trafik pengunjung sekitar 2000 orang, dan ini 100 persen sesuai dengan ekspektasi kita,” kata Jean Marie.

Unsur Keindonesiaan di Premium Outlet Alam Sutera

Dengan tema yang diusung, cabang Premium Outlet Alam Sutera meminimalisir penggunaan AC. Ada banyak izin yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan baik.

Selain itu, lanjut Jean Marie, desain bangunan lebih menonjolkan kearifan lokal Indonesia, terutama ornamen yang terpasang di bagian luar mal. Salah satunya adalah ruang seperti sangkar burung atau bale di bagian tengah mal. Sangkar burung tersebut terbuat dari anyaman rotan berwarna cokelat muda.

Pengembang mal bekerja sama dengan PDW AOit untuk mendesain bangunan yang menonjolkan ke-Indonesiaan. Mochammad Archica Danisworo, arsitek dari PDW AOit, memastikan 80 persen material bangunan yang digunakan diambil dari dalam negeri.

“Ini juga menjadi syarat yang kami penuhi untuk mendapatkan sertifikat bangunan hijau,” katanya.

Beberapa petugas juga mengenakan seragam batik hasil kerja sama dengan Jauh Mata Memandang. Dengan demikian, mal lebih terasa lokal meski brand Premium Outlet Mall berasal dari Amerika Serikat.

Dapat Menghemat Energi Hingga 50 Persen

Archica juga mengatakan dengan konsep open mall, koridor mal bebas AC yang dapat menghemat energi. Dengan ruang terbuka, cahaya matahari dan udara dapat masuk dengan leluasa dan efisien, dibanding mal pada umumnya.

“Jadi pada siang hari tidak perlu cahaya, AC, kanopi yang dipasang juga menghemat penyerapan cahaya matahari. Secara total, bisa menghemat hingga 50 persen, dibanding mal biasa,” tuturnya.

Konsep bangunan hijau ini juga mencakup berbagai jenis tanaman atau pohon lokal. Archica mengatakan sedikitnya ada lebih dari 35 jenis pohon dengan total seribu yang ditanam di kawasan Jakarta Premium Outlet.

“Kami juga menerapkan water recycling, daur ulang air. Misalnya, air hujan akan diserap di waduk buatan, sebelum akhirnya disalurkan ke saluran kota,” tuturnya. Konsep bangunan hijau yang diusung sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Pemerintah Berikan Diskon Belanja dan Wisata Sambut Lebaran

Sementara itu, mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah meluncurkan program diskon belanja. Salah satunya adalah program Jumat Mubarak yang akan berlangsung pada 28 Februari-28 Maret 2025 di berbagai peritel yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

“Program tersebut meliputi bazar UMKM minyak goreng, gula pasir, dan kebutuhan pokok lainnya, serta berbagai promo harian dan khusus setiap hari Jumat. Dengan target transaksi mencapai Rp75–77 triliun,” kata Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Haryo Limanseto.

Haryo juga menyampaikan program Lebaran BINA yang dijadwalkan berlangsung pada 14-30 Maret 2025. Program ini akan digelar serentak di pusat perbelanjaan dunia, mal, dan gerai anggota Himpunan Pengusaha Ritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) serta Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) dengan target transaksi hingga Rp30 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *